Minggu, 17 Desember 2017

Contoh Laporan Tahunan Perpustakaan Sekolah

Artikel Lainnya

Contoh Laporan Tahunan Perpustakaan Sekolah - Laporan tahunan perpustakaan merupakan sebuah catatan selama satu tahun tentang seluruh kegiatan di dalam perpustakaan dan bersifat rutin pada setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui, menyimpan, dan mengevaluasi seluruh kegiatan di perpustakaan sehingga kedepannya bisa di jadikan rujukan dalam pengembangan perpustakaan. Program kerja dan rencana kegiatan tahun depan kadang-kadang juga dimasukkan dalam laporan.

(Baca Juga: Membuat Program Kerja Perpustakaan

Isi Laporan

 

Sebagaimana dalam pembuatan laporan pada umumnya, terdapat beberapa hal yang tercantum dalam laporan, antara lain:

1. Pendahuluan
Bagian ini menjelaskan secara garis besar isi dari laporan yang dibuat dan juga memuat Latar Belakang, Tujuan, dan Visi Misi.

2. Penyelenggaraan Kegiatan Perpustakaan
Dalam bab ini memuat organisasi dan kondisi nyata perpustakaan. Mulai dari Struktur Organisasi, Kondisi Gedung dan Ruangan, Perabotan dan Perlengkapan.

3. Pengolahan Bahan Pustaka
Meliputi Inventarisasi Buku, Stempel, Klasifikasi, Katalog, Koleksi dan Laporan Pengunjung dan lain-lain.

4. Kegiatan Perpustakaan
Merupakan bagian terpenting karena seluruh laporan kegiatan perpustakaan ada dalam bab ini.

5. Penutup
Kesimpulan dari laporan yang telah dibuat.

Contoh Laporan

 

BAB I PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Perpustakaan (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi berada di lingkungan Sekolah, di nama anggotanya adalah seluruh Siswa, Guru dan karyawan (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi Siswa merupakan modal dasar  pembangun. Jika Siswa dapat dibina dengan baik, maka diharapkan dapat menjadi sumberdaya manusia potensial dan berhasil dalam pembangunan. Salah satu sarana untuk mencerdaskan Siswa adalah melalui perpustakaan.
Melalui perpustakaan, Siswa lebih didekatkan pada layanan informasi di segala bidang kehidupan serta meningkatkan kesejahteraan melalui pembelajaran yang tersedia. Oleh sebab itu PERPUSTAKAAN (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi selalu berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu dan kualitas guna membentuk masyarakat yang cerdas dan berkualitas.

1.2    Tujuan

Tujuan umum
•    Menumbuh kembangkan minat baca Siswa (NAMA SEKOLAH) BANYUWANGI untuk menambah pengetahuan, mencerdaskan , dan meningkatkan taraf kehidupannya.

Tujuan khusus
•    Memberi wadah kepada Siswa (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi untuk selalu mengembangkan diri, baik pengetahuan, keterampilan melalui kegiatan membaca dan kegiatan-kegiatan yang lain.
•    Memperkenalkan perpustakaan kepada Siswa.
•    Meningkatkan kualitas hidup dari kegiatan membaca.
•    Menjadi perpustakaan sebagai rumah belajar yang menyenangkan

1.3    Visi dan Misi

Visi dari perpustakaan
“Perpustakaan sebagai jantung pendidikan untuk pembelajaran dan penelitian ilmu di sekolah dasar  berbasis teknologi informasi”.
Misi dari perpustakaan
•    Menyelenggarakan pelayanan yang berbasis teknologi secara maksimal dan terencana.
•    Mewujudkan perpustakaan sekolah yang nyaman dan menyenangkan.
•    Menumbuhkan kekompakan antar elemen sekolah dan saling peduli terhadap perpustakaan “(NAMA SEKOLAH) Banyuwangi”
•    Mengarahkan Siswa, Guru, dan Karyawan sekolah dalam mengoptimalkan sumber – sumber koleksi pembelajaran yang ada di perpustakaan.

BAB II PENYELENGGARAAN KEGIATAN PERPUSTAKAAN

2.1    Latar Belakang

1    Struktur Organisasi



2        Gedung dan Ruangan

Gedung perpustakaan (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi dibangun diatas tanah seluas 120 m2  dengan status milik (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi yang terletak diatas Kelas Siswa (Nama Sekolah) Banyuwangi sehingga memungkinkan Siswa  yang berada di Kelas dapat menjangkau dengan mudah. Perpustakaan (Nama Sekolah) dilengkapi dengan Ruang Baca dan Laboratorium Komputer untuk menunjang proses kegiatan di perpustakaan.

3        Perabotan dan Perlengkapan

Adapun perabotan dan perlengkapan  yang dimiliki perpustakaan (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi antara lain:

BAB III PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA

Pengolahan bahan pustaka yang dilaksanakan pepustakaan (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi meliputi :

1.    Inventaris buku
Buku-buku yang baru masuk perpustakaan tersebut dicatat pada buku induk. Setiap buku memiliki nomor  induk.  Hal  ini untuk mengetahui jumlah koleksi yang dimiliki oleh Sekolah.

2.    Stempel buku
Semua bahan pustaka, khususnya bahan tercetak diberi identitas perpustakaan berupa stempel.
Ada 3 (tiga) macam stempel :
a.    Stempel identitas, ditempatkan dihalaman judul dan halaman terakhir.
b.    Stempel sampul buku, ditempatkan disamping buku bagian kiri.
c.    Stempel inventaris, ditempatkan dihalaman judul.

3.    Klasifikasi
Adalah pengelompokan buku pustaka menurut golongan atau jenis dalam beberapa kelas.
Pengelompokan berdasarkan subyek atau ijin buku pedoman klasifikasi yang digunakan oleh perpustakaan (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi adalah menggunakan kelas DDC (Dewey Decimal Classification). Disebut persepuluh karena menyusun ilmu  pengetahuan  kedalam 10 (sepuluh) golongan yang diberikan notasi 0-9.

BAB IV KEGIATAN PERPUSTAKAAN (NAMA SEKOLAH) BANYUWANGI

4.1    Pengadaan Sarana Prasarana

Pengadaan sarana prasarana perpustakaan dan pengadaan bahan pustaka
Selama 1 tahun, penambahan perabotan perpustakaan berupa 1 lemari arsip, penambahan pustaka berupa buku sebanyak 103 eksemplar.
    Rincian biaya pengadaan :
-    EGC, tahun 23 Januari 2017 = Rp. xxx + Rp. xxx (ongkos kirim) = Rp. xxx
-    Salemba, Januari 2017          = Rp. xxx
     Total Keseluruhan                  = Rp. xxx + Rp. xxx
                                                       = Rp. xxx

4.2.    Pengolahan Bahan Pustaka
Berupa kegiatan inventaris, klasifikasi, katalog buku dan digital, membuat perlengkapan buku dan menyusun buku sesuai klasifikasinya.

4.3    Layanan Perpustakaan
Meliputi layanan sirkulasi, referensi, audio visual, konsultasi Guru, internet.
Pengembangan perpustakaan
1.    Promosi  perpustakaan yang dilaksanakan langsung oleh petugas perpustakaan kepada Siswa minimal 1 tahun sekali melalui penyebaran brosur PERPUSTAKAAN (NAMA SEKOLAH). Selain itu melalui Guru kelas
2.    Layanan internet dengan Wifi Gratis sudah dinikmati oleh pemustakaan, sehingga selalui memperoleh informasi terkini.


4.4    Pemeliharaan
Pemeliharaan bahan pustaka dan perabotan perpustakaan dilaksanakan bersama oleh semua petugas perpustakaan. Selain itu, petugas perpustakaan anggota melakukan pengarahan berupa cara menjaga buku dan memelihara keawetan bahan pustaka yang berupa buku.

4.5     Pelaporan
a.    Meliputi laporan kegiatan perpustakaan selama setahun
b.    Laporan Pengunjung paling aktif:
(Nama Pengunjung)

c.    Laporan Pengadaan Perpustakaan

BAB V PENUTUP

Demikian Laporan perpustakaan (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi. Laporan ini kami ajukan sebagai acuan dalam mengevaluasi dalam rangka pembinaan PERPUSTAKAAN (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi. Kami harap Perpustakaan benar-benar dapat dibutuhkan oleh semua anggota keluarga besar (NAMA SEKOLAH) Banyuwangi dan masyarakat sekitar. Atas segala kekurangan kami mohon maaf, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan.


   
Banyuwangi, 17 Desember 2017                                                                                               
Kepala Sekolah 
                                                                                                     
TTD
 

(Nama), MM

Jadi gambaran format pembuatan laporan tahunan perpustakaan sekolah tidak jauh berbeda dari jenis laporan lainnya. Hanya disesuaikan dengan  poin - poin di perpustakaan. Jika teman - teman ingin versi lengkapnya, bisa download linknya yang tersedia di bawah dalam format .docx.

Download : Contoh Laporan Tahunan Perpustakaan Sekolah .docx

Artikel Terkait

13 komentar

Terimakasih atas ilmunya,ini bisa saya jadikan reverensi untuk tahun depan ,karena mendapat tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan

Terima kasih telah berbagi ilmu, sangat bermanfaat bagi saya sebagai gambaran pembuatan laporan tahunan perpusatakaan sekolah.

terimah kasih telah berbagi ilmunya,bermamfaat sekali buat saya karena saya mendapat tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan

terimakasih banyak ya admin. semoga dilimpahi pahala dan keberkahan.

Terimakasih telah berbagi ilmu, sangat bermanfaat.

Terimakasih telah berbagi, bisa mengingatkan kembali pengetahuan yg sudah lama, Insya Allah dapat diterapkan di sekolah kami yang baru seumuran jagung.

terimakasih ilmunya sangat bermanfaat

Terimakasih sudah berbagi ilmu😊

Terima kasih, sangat bermanfaat...


EmoticonEmoticon