Minggu, 11 Februari 2018

Format Pembuatan Tabel Peminjaman Koleksi Perpustakaan Sekolah

Artikel Lainnya

Format Pembuatan Tabel Peminjaman Koleksi Perpustakaan Sekolah - Sebagai Seorang Pustakawan, tidak akan lepas dari salah satu siklus kegiatan di Perpustakaan. Layanan Sirkulasi merupakan salah satu bagian vital dalam proses kegiatan di Perpustakaan karena dari kegiatan inilah Pengguna dan Pustakawan akan berinteraksi langsung utamanya dalam kelanjutan pemanfaatan koleksi di Perpustakaan. Layanan ini sangat penting karena bertanggung jawab terhadap keutuhan koleksi yang dipinjam oleh Pengguna di Perpustakaan.

Layanan ini mencakup kegiatan pencatatan dan juga antisipasi agar koleksi yang dipinjam dapat dikembalikan dengan tepat waktu. Jadi perlu sebuah media untuk mencatat semua aktifitas peminjaman dengan membuat suatu format pembuatan tabel peminjaman koleksi di perpustakaan supaya kegiatan peminjaman dan pengembalian dapat berjalan lancar. Saya membuat tabel dalam format excel karena kemudahan dalam pembuatannya. Adapun Poin - poin pentingnya yaitu:

1. Nomor urut.
2. Nama Peminjam.
3. Nomor Anggota.
4. Judul Buku yang Dipinjam.
5. Jumlah Eksemplar.
6. Tanggal Peminjaman.
7. Tanda Tangan Peminjaman.
8. Tanggal Pengembalian.
9. Tanda Tangan Pengembalian.

Gambar Format Tabel Peminjaman

Dengan adanya data peminjaman di Perpustakaan, kegiatan sirkulasi diharapkan akan lancar. Jadi tujuan utama dari artikel ini adalah untuk membantu Pustakawan maupun Pemustaka/Pengguna dapat memperoleh jaminan agar kegiatan peminjaman menjadi jelas, dan koleksipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Bagi Sobat Pustakawan yang ingin langsung memperoleh formatnya. Saya akan share tabel Excelnya di bawah ini.

Download : Tabel Peminjaman Perpustakaan .xlsx

Artikel Terkait

8 komentar

terimakasih ya.. aku liat contoh format peminjaman buku. hehe

Sama-sama, hehe
Semoga bermanfaat

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Hallo semua barangkali ada yang perlu buku cerita untuk perpustakaan paud kunjungi blog kita yah di Ginda Buku atau WA.082126629119

Hallo siapa tau ada yang mau donasi untuk perpustakaan paud kami.. Terimakasih

Hallo barangkali ada yg mau donasi buku cerita anak untuk perpustakaan sd di sekolah kami. Terima kasih

sangat membantu dan bermanfaat


EmoticonEmoticon