Selasa, 13 November 2018

Contoh Laporan Triwulan Perpustakaan Sekolah

Artikel Lainnya

Contoh Laporan Triwulan Perpustakaan Sekolah - Berbagai macam kegiatan di perpustakaan membutuhkan laporan untuk menguraikan berlangsungnya kegiatan. Bermanfaat pula untuk mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan yang dapat dijadikan rujukan untuk menyusun rencana kegiatan selanjutnya.

(Baca Juga: Laporan Tahunan Perpustakaan Sekolah)

Buku Laporan Kegiatan


Di dalam Perpustakaan itu sendiri setidaknya ada tiga jenis laporan yaitu laporan tahunan, triwulan dan bulanan. Yang akan di share di artikel kali ini adalah laporan kegiatan triwulan di perpustakaan sekolah. Laporan Kegiatan Triwulan itu sendiri bertujuan untuk menyampaikan berbagai macam kegiatan yang ada diperpustakaan selama tiga bulan sekali dalam setahun. Berikut contoh formatnya:



--------------------------------------------------------------------------------------------------------


LAPORAN KEGIATAN TRIWULAN I  2017
PERPUSTAKAAN ……………………………………


I.              Pendahuluan
            Puji serta syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT serta kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan ini kami melaporkan kegiatan Perpustakaan …………….. yang berada di kelurahan …………., telah melaksanakan kegiatan-kegiatan Bulan Januari s.d Bulan Maret 2017.
          Kegiatan ini telah sesuai dengan program yang telah direncanakan, walaupun masih banyak kekurangan yang harus dibenahi serta kenyamanan para pengunjung perpustakaan belum sepenuhnya dijalankan secara maksimal namun hal tersebut untuk selanjutnya dapat dijadikan evaluasi bagi kami. Tentunya masukan dan saran sangat dibutuhkan agar kedepan Perpustakaan menjadikan rujukan bagi siswa, guru, dan pegawai, serta masyarakat sekitar sekolah.

  • Latar Belakang
          Sebuah perpustakaan perlu memiliki satu sistem pengelolaan yang baik agar manfaatnya dapat tercapai secara optimal. Sebuah perpustakaan senantiasa perlu berkembang agar tidak ditinggalkan pembaca dan pemakainya.
           Perpustakaan memiliki posisi yang penting sebagai gudang ilmu untuk membangun kualitas pendidikan sejak usia dini. Hal ini mengindikasikan tentang pentingnya membaca sebagai penyelaras sistem pendidikan di sekolah. 

  • Tujuan
1.      Menumbuhkan budaya baca sejak usia dini
2.      Menanamkan sikap saling membantu dan bekerjasama dalam proses pembelajaran di sekolah
3.      Memberikan pengetahuan tentang dasar berbagai disiplin ilmu.
4.    Sebagai bagian dari upaya untuk meningkat pengetahuan berjenjang dengan beberapa tahapan yang harus di lalui oleh peserta didik.
5.    Sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengunjung di perpustakaan sekolah

  • Sasaran
Kegiatan Perpustakaan ini ditujukan kepada seluruh Siswa – Siswi …………………… khususnya yang melibatkan kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 yang sudah memiliki dasar untuk mengembangkan kreatifitas individu masing – masing untuk diterapkan kepada kegiatan belaja di sekolah.

       Pelaksanaan Program Kegiatan
  •     Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Tabel Pelaksanaan Kegiatan Triwulan Perpustakaan


Kegiatan Perpustakaan .................. dilaksanakan di lingkungan Perpustakaan ................... maupun di luar sekolah.

Masalah dan Pemecahannya
            Adapun beberapa masalah yang harus dihadapi serta pemecahannya dalam kegiatan perpustakaan yang telah berjalan yaitu:
1.      Kegiatan Literasi di Taman Baca Sekolah
     Dalam pelaksanaan kegiatan ini tidaklah mudah, karena jumlah peserta didik yang tidak  
      membeludak, masalah ini bisa diatasi dengan melakukan penambahan koleksi buku.
2.      Pengadaan koleksi dan fasilitas perpustakaan
Terkadang pengadaan buku lewat bantuan buku tidak tepat sasaran, karena konten tidak sesuai dengan kebutuhan Siswa/pemustaka, hal ini bisa diatasi dengan perjanjian antara penghibah buku dengan perpustakaan penerima buku agar koleksi mana yang sesuai kebutuhan yang diberikan.
3.      Pengolahan Bahan Pustaka
Kurangnya tenaga pengolahan sehingga pada saat pengolahan bahan pustaka menjadi lebih lama, bantuan tenaga dari siswa dengan memberikan pelatihan lebih dulu agar tugas pengolahan menjadi lebih ringan.
4.      Sirkulasi Bahan Pustaka
Terkadang dalam pengembalian buku, para peminjam tidak mengembalikan tepat waktu, oleh karena itu peraturan dan sanksi akan lebih diperketat.
5.      Pemberian Layanan Prima
Beberapa anggota terkadang tidak secara keseluruhan mencetak kartu anggota, solusinya pada saat siswa berkunjung, petugas lebih aktif lagi mensosialisasikan pembuatan kartu anggota
6.      Peningkatan Minat Baca
Pada saat mengadakan lomba terkadang anggaran terbatas, oleh karena itu penggalangan lewat dana sponsor bisa menjadi solusi.
7.      Pemeliharaan Fasilitas Perpustakaan
Beberapa gangguan binatang seperti rayap, kutu atau sejenisnya kerapkali merusak buku dan sangat sulit diatasi, beberapa usaha harus dilakukan misalnya melakukan pemberantasan menggunakan obat serangga.
8.      Pembagian dan Pengembalian Buku Paket
Beberapa pemasok buku paket terkadang tidak sesuai jadwal, solusinya harus lebih intens berkomunikasi dengan penyedia buku paket.
9.   Promosi Perpustakaan Staf promosi masih terbatas jadi tidak bisa dilakukan secara maksimal, pengerahan siswa – siswi dengan dibekali materi untuk kegiatan promosi menjadi salah satu solusi.

Penutup

Demikian laporan kegiatan Perpustakaan Sekolah ini kami sampaikan. Semoga dapat memberikan gambaran tentang kegiatan yang telah kami laksanakan. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.

Banyuwangi, 31 Maret 2017
             Mengetahui
Kepala SDN ……………..…                                                        Kepala Perpustakaan


..............................................                                                           ......................................
 NIP.                                                                                                NIP. 


     --------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti pada contoh format diatas, saya menggunakan contoh laporan triwulan pertama antara bulan januari s/d maret. Untuk laporan triwulan kedua formatnya sama, tinggal menyesuaikan dengan kegiatan pada triwulan kedua.

Untuk laporan triwulan lengkapnya, bisa di unduh di link dibawah:


Artikel Terkait

5 komentar


EmoticonEmoticon